-->

Arti Kedutan di Bagian Bibir Lengkap

Mungkin kedutan menurut sebagian orang merupakan tersumbatnya peredaran darah atau hanya sekedar respon dari otot tubuh dan seringnya kita mengabaikan pertanda tersebut dan menganggapnya adalah hal yang biasa saja. Mungkin bagi sebagian orang, itu merupakan hal yang wajar, tetapi ada sebagian orang yang mempercayai kalau kedutan memiliki arti dan membawa firasat tertentu yang diberikan alam untuk hal yang akan terjadi di masa depan. Firasat yang dimaksud, bisa firasat baik atau pun firasat buruk.



Sedangkan menurut dunia kesehatan, kedutan sebenarnya salah satu sinyal yang diberikan oleh tubuh melalui otot. Tak jauh berbeda dengan kram, kedutan merupakan hasil aliran listrik syaraf tak normal pada otot. Bedanya, jika pada kram terjadi gelombang listrik yang terlalu besar, sedangkan kedutan terjadi aliran listrik secara paksa, atau tanpa disadari dan terjadi terus-menerus. Kontraksi ini diteruskan melalui syaraf pada target otot di luar kontrol.



Pembahasan mengenai arti kedutan oleh leluhur nusantara telah dilakukan penelitian dan dilakukan pencatatan. Catatan-catatan yang memuat pengetahuan penting itu lalu di kumpulkan menjadi sebuah buku primbon yang menjadi sumber rujukan orang-orang dari Suku Jawa sejak zaman dahulu. Primbon digunakan sebagai pedoman atau arahan dalam rangka mencapai keselamatan dan kesejahteraan lahir-batin. Memberikan pertanda-pertanda agar kita dapat lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan.


Primbon atau paririmbon sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Jawa. Primbon secara harfiah berasal dari kata "rimbu" yang berarti simpanan dari bermacam-macam catatan oleh orang jawa di jaman dahulu yang kemudian diturunkan atau disebarluaskan kepada generasi berikutnya.


Untuk lebih jelasnya maka perhatikan penjelasan berikut ini :


1. Arti Kedutan Bibir Atas Sebelah Kanan


Menurut primbon jawa, apabila seseorang mengalami kedutan pada bibirnya terutama bibir bagian atas, maka diramalkan bahwa orang tersebut akan bertengkar pada beberapa hari ke depan. Akan tetapi, ramalan ini hanya berlaku apabila bagian bibir yang mengalami kedutan adalah bibir atas sebelah kanan.


2. Arti Kedutan Bibir Atas Sebelah Kiri


Bagian bibir atas sebelah kiri memang cukup sering mengalami kedutan, dan dalam primbon menyebutkan ini adalah pertanda Anda akan mendapat pujian atau perkataan baik dari seorang pembesar dalam waktu dekat ini.


3. Arti Kedutan Bibir Bawah Sebelah Kanan


Memiliki makna yang baik bagi orang yang mengalaminya, karena dalam primbon menyebutkan ini adalah pertanda seseorang akan mendapatkan kenikmatan, bisa berupa badan yang sehat (pulih setelah sakit) atau pun kenikmatan lainnya.


4. Arti Kedutan Bibir Bawah Kiri


Primbon jawa mengatakan bahwa ini adalah firasat baik, karena orang yang mengalaminya akan mendapatkan rejeki, biasanya berhubungan dengan pekerjaan.


5. Arti Kedutan Tepat Ditengah Bibir Bagian Atas


Ini adalah pertanda yang kurang baik, kata primbon ketika seseorang mengalami kedutan bibir atas, dan terjadi tepat ditengah-tengahnya, maka yang mengalaminya akan bertengkar.


6. Arti Kedutan Tepat di Tengah Bibir Bagian Bawah


Berbeda dengan kedutan bibir tengah atas, kedutan tengah bibir bagian bawah mempunyai makna yang baik, karena orang yang mengalami kedutan ini akan mendapatkan makan enak (mungkin maksudnya dapat traktiran makan).


7. Arti Kedutan Seluruh Bibir


Meski jarang sekali terjadi, namun beberapa orang yang saya temui mengaku pernah mengalami kedutan di seluruh bibirnya, baik bagian atas maupun bibir bagian bawah. Menurut primbon Jawa, kedutan pada bagian ini dianggap sebagai pertanda bahwa dalam waktu dekat kita akan mencium atau dicium oleh kekasih.


Mungkin tafsir tersebut menurut Anda tidak memiliki hubungan dengan kedutan yang Anda alami tapi patut dipahami bahwa nenek moyang kita memberikan kesimpulan arti dari kedutan berdasarkan pengalaman dan kejadian yang berulang-ulang yang akhirnya menyimpulkan dalam bentuk tafsir atau primbon. kendati begitu, semua tergantung dengan keyakinan masing-masing.


Semoga Bermanfaat....

0 Response to "Arti Kedutan di Bagian Bibir Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel